Tunggu, sedang memuat. . .

Tips dan Trik Pro Foto Malam Hari Dengan Smartphone Terlengkap

Tips dan Trik Pro Foto Malam Hari Dengan Smartphone Terlengkap – Saat sedang mengabadikan foto, tidak hanya siang hari saja yang memiliki moment – moment terbaik, namun juga halnya dengan malam hari.

Namun yang menjadi kendala adalah smartphone yang kurang memadai untuk mengambil gambar pada cahaya minim tersebut.

Simak beberapa tips dan trik menarik dari teknohp.com untuk membantu kamu dalam mengabadikan gambar pada malam hari dengan hasil terbaik.

Baca Juga: Spesifikasi Vivo Y66 Dengan Kapasitas RAM 3 GB
Tips dan Trik Pro Foto Malam Hari Dengan Smartphone Terlengkap

Tips dan Trik Pro Foto Malam Hari Dengan Smartphone Terlengkap

Tips dan Trik Ambil Foto Malam Hari Dengan Smartphone

Pakai tripod dan juga timer

Tripod merupakan salah satu alat yang wajib kamu bawa saat kamu ingin mengambil gambar pada malam hari yang memang sangat minim cahaya sehingga diperlukan shutter lambat agar cahaya bisa di tangkap lebih banyak.

Agar hasil gambar tidak blur, akan lebih baik jika kamu memakai remote atau timer untuk tekan tombol shutter.

Jika dalan keadaan terpaksa, kamu bisa memakai shutter dengan cara manual dan jangan bergerak sama sekali serta tahan nafas kamu sebentar saat menekan tombol shutter tersebut.

Pakai mode manual

Dalam smartphone, mode otomatis dalam kamera smartphone akan memudahkan kamu untuk mengambil gambar dengan cepat sehingga berbagai moment mendadak bisa kamu tangkap dengan singkat.

Akan tetapi, mode otommatis tidak tepat di pakai pada malam hari, karena itu kamu harus memakai mode manual.

Smartphone saat ini, sudah banyak yang dilengkapi dengan mode manual dan jika tidak terdapat mode manual pada smartphone kamu, maka kamu bisa mendapatkannya lewat aplikasi seperti contohnya Footec Camera.

Silahkan atur Aperture, ISO dan Speed

Di dalam mode manual, silahkan kamu atur shutter speed sehingga menjadi lebih lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak.

Kamu bisa mengatur shutter speed sampai 30 detik atau sesuai dengan keinginan kamu, untuk apperture umumnya disesuaikan dengan shutter speed dan jika dilihat secara garis besar, kegunaan dari shutter speed sendiri dan juga aperture adalah mengontrol banyaknya cahaya yang masuk ke dalam sensor pada kamera.

Sedangkan, ISO berguna untuk menentukan banyak cahaya yang diperlukan oleh sensitivitas dari sensor yang di pakai, ISO rendah sangat tepat di pakai dalam keadaan terang seperti saat siang hari, sementara ISO tinggi tepat di pakai pada kondisi cahaya rendah seperti malam hari.

Pakai Night Mode

Tidak hanya mode manual, kamu juga bisa pakai night mode jika foto yang kamu ambil tidak banyak terdapat gerakan dan fitur ini juga ada pada semua smartphone yang ada sekarang ini.

Dengan memakai fitur night mode ini, maka foto yang dihasilkan akan menjadi lebih bagus sebab sudah mengalami beberapa proses filterisasi yang dicocokkan dengan kondisi malam.

Akan tetapi, kamu harus memastikan jika objek yang sedang kamu ambil tidak memiliki banyak gerakan, sebab nanti hasilnya akan blur.

Ketahui Waktu Pakai Flash dan Tidak Pakai Zoom

Kamu perlu mengetahui dengan pasti, kapan harus memakai flash, saat kamu sedang mengambil objek yang jaraknya jauh maka tidak perlu menggunakan flash sebab hanya akan menimbulkan titik – titik tidak jelas dalam foto.

Apabila objek yang kamu ambil berjarak dekat, maka flash bisa sangat membantu saat malam hari dan hindarkan memakai fitur zoom supaya hasilnya bisa bagus.

Apabila masih memungkinkan, kamu bisa mendekati objek tersebut atau juga bisa mengambil foto dari jarak kamu dan crop hasil fotonya.