Tunggu, sedang memuat. . .

Samsung Galaxy S5 Mini, Versi Miniatur Flagship Samsung

Samsung Galaxy S5 Mini – Samsung Galaxy S5 Mini adalah ponsel Android 4.4.2 KitKat yang diproduksi oleh manufaktur smartphone papan atas Samsung Electronics dan saat ini hanya tersedia di wilayah Eropa, Amerika Latin dan Selandia Baru.

Samsung Galaxy S5 Mini jika diartikan secara harafiah adalah Samsung Galaxy S5 dalam bentuk yang lebih kecil. Itu sebabnya tidak mengherankan layar yang digelar hanya 4.5 inchi saja. Tradisi me-mini-kan ponsel flagship sudah dimulai Samsung sejak mengumbar Samsung Galaxy S3 Mini dan berlanjut ke Samsung Galaxy S4 Mini.

Dari segi kelengkapan, Samsung Galaxy S5 Mini memang jauh lebih mendingan daripada Samsung Galaxy S4 Mini dengan beberapa pembaharuan. Namun jika dibandingkan dengan ponsel dari brand pesaing, tentunya ada yang lebih baik. Pada range yang sama, terdapat HTC One Mini 2 dan Sony Xperia Z1 Compact yang mencoba genre mini-sisasi ponsel flagship ini.

Samsung Galaxy S5 Mini, Versi Miniatur Flagship Samsung

Samsung Galaxy S5 Mini

Salah satu kelemahan Samsung Galaxy S5 Mini adalah versi ini justru memangkas fitur paling menarik dari Samsung Galaxy S5, yaitu layar full HD dan kamera yang impresif. Kamera yang disertakan pada S5 Mini adalah kamera utama 8 MP dan kamera depan 2.1 MP.

Mari kita coba telaah satu demi satu spesifikasi dari versi mungil Galaxy S5 ini. Diumumkan kehadirannya pada Bulan Juni 2014, Samsung Galaxy S5 Mini secara resmi mulai dikapalkan pada bulan Juli 2014. Dengan ukuran dimensi 131.1 x 64.8 x 9.1 mm, ponsel cerdas ini memiliki berat total 160 gram. Ini artinya Samsung Galaxy S5 mini lebih berat dan lebih tebal dari sang kakak S4 Mini.

Layarnya sesuai disampaikan di awal tadi, memiliki bentangan diagonal 4.5 inchi dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Meskipun mungil, kepadatan pixelnya cukup mengagumkan hingga mencapai 326 ppi. Layar S5 Mini seperti halnya ponsel cerdas besutan Samsung lain menggunakan layar berkualitas jenis super AMOLED dengan 16 juta warna.

Meskipun menggunakan Android 4.4.2 KitKat, Samsung Galaxy S5 Mini tetap akan memakai user interface TouchWiz UI khas Samsung yang tampil cukup beda dengan versi terbarunya.

Dengan sumber daya energy berasal dari baterai berukuran 2100 mAh, Samsung Galaxy S5 Mini menggunakan prosesor buatan Samsung sendiri yakni Exynos 3 Quad 3470 yang memiliki kelengkapan CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A7 dan GPU Mali-400MP4.

Prosesor tersebut akan didukung oleh RAM sebesar 1.5 GB dan internal storage berkapasitas 16 GB, jika masih belum cukup bisa ditambahkan microSD melalui slot yang sudah disediakan dengan maksimal microSD 64 GB.

Bagaimana harganya? Meski ini adalah versi mini, namun harganya diperkirakan berkisar pada angka 4.8 Juta Rupiah.