Tunggu, sedang memuat. . .

Kumpulan Cara Tepat Verifikasi Sumber Berita Dalam Internet

Kumpulan Cara Tepat Verifikasi Sumber Berita Dalam Internet – Konten dan juga informasi yang ada di internet, seperti yang kita semua ketahui jika tidak semuanya merupakan berita yang benar.

Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak juga orang yang ikut menyebarkan berita yang belum bisa dipastikan kebenarannya tersebut.

Berhubungan dengan masalah ini, pihak Google dan juga Facebook sudah melakukan upaya agar bisa meminimalisir atau blokir artikel – artikel palsu tersebut.

Untuk kamu para pengguna juga sebetulnya bisa melakukan verivikasi tentang asli atau palsunya sebuah berita dengan cara yang cukup sederhana dan tidak harus selalu memeriksa dengan Whois yang berasal dari sumber berita atau cara teknis lainnya.

Berikut ini teknohp.com akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk verivikasi sumber berita dalam internet.

Baca Juga: Cara Ampuh Menghemat Paket Data Internet Pada Android Yang Harus Kamu Coba
Kumpulan Cara Tepat Verifikasi Sumber Berita Dalam Internet

Kumpulan Cara Tepat Verifikasi Sumber Berita Dalam Internet

Hindarkan situs dengan akhiran lo

Seperti situs di daerah – daerah luar negeri contohnya Newslo, Rellglonlo dan lainnya, umumnya akan memotong sebuah informasi dari sumber berita yang akurat dan juga menambahkan beberapa pernyataan yang salah di dalamnya dan juga akan membawa opini yang akan menarik pembacanya.

Hindarkan situs dengan akhiran .com.co

Dalam situs – situs berakhiran .com.co seringkali memberikan berita bohong dari sumber berita aslinya dan situs – situs ini akan mengelabui kamu sebagai pembacanya dan juga pengguna internet yang lainnya.

Atribusi dari penulis dan juga editor

Jika dalam suatu situs tidak terdapat atribusi penulis makan itu bisa jadi penanda jika situs tersebut agak mencurigakan dan perlu dipertanyakan tentang kebenaran berita ada dalam ulasan tersebut.

Proses sunting

Beberapa dari situs web yang beredar juga membuat penulis freelance, blogger ataupun pemilik akun pada situs web tersebut agar bisa mengeposkan artikel yang mereka buat dengan tetap berada dibawah situs berita tertentu.

Akan tetapi, ada beberapa dari artikel seperti ini yang tidak melewati sebuah proses sunting seperti pada sebuah berita pada umumnya.

Desain tidak menarik dan huruf kapital

Kamu juga perlu lebih memperhatikan desain dari halaman situs yang sedang kamu baca, apakah terlihat aneh, seadanya atau malah sangat tidak bagus.

Selain itu, lihat juga apakah situs web tersebut memakai huruf kapital pada semua huruf di judul berita tersebut atau pada halaman.

Dua hal ini bisa menjadi tanda jika situs web yang sedang kamu lihat harus di verifikasi kebenarannya.

Doxing [mengumpulkan informasi personal di internet]

Jika pada sebuah situs web yang sedang kamu baca membuat kamu harus melakukan doxing [pengumpulan informasi seperti alamat, nama asli, nomor telepon dan lain sebagainya], maka itu merupakan sumber berita yang tidak valid dan patut kamu curigai.