Tunggu, sedang memuat. . .

Jolla Tablet, Lahir Dari Pendanaan Massal

Jolla Tablet akhirnya siap hadir di pasar gadget internasional dengan cara yang cukup unik. Tablet milik perusahaan asal Finlandia ini memiliki jargon sebagai tablet yang people-powered alias ditenagai penggunanya. Tidak salah memang karena Jolla Tablet merupakan proyek yang awalnya ditawarkan melalui situs pendanaan massal atau crowdfunding IndieGoGo.

Hebatnya, target pendanaan $380.000 yang dicanangkan Jolla dapat dilewati hanya dalam tempo dua jam saja sejak pengumuman kampanyenya dengan dukungan sekitar 2450 penyumbang. Dengan 21 hari tersisa dalam masa kampanye, dapat dipastikan Jolla akan mendapatkan kelebihan yang dapat digunakan untuk pengembangan Jolla Tablet.

Jolla berjanji akan mendengarkan saran para penyumbangnya, hingga saat ini Jolla Tablet direncanakan akan memiliki spesifikasi dasar berupa layar 7.85 inchi dengan resolusi 2048 x 1536 pixel, prosesor quad-core 1.8GHz 64-bit dengan chip Intel, RAM 2GB, memory internal berkapasitas 32GB yang dapat ditambah dengan microSD, kamera 5MP dan baterai berukuran 4300mAH. Harga jual Jolla Tablet diperkirakan sekitar $189 atau sekitar 2.4 Juta Rupiah saja.

Jolla Tablet, Lahir Dari Pendanaan Massal

Yang unik lagi tablet ini akan menggunakan sistem operasi Sailfish, kembangan dari OS MeeGo yang dulu pernah dicobakan pada perangkat milik Nokia. Ketika Nokia meninggalkan MeeGo, beberapa karyawan Nokia yang lepas dari perusahaan tersebut bergabung untuk melanjutkan MeeGo menjadi Sailfish.

Bagaimana dengan aplikasinya? Jangan takut karena selain aplikasi nativenya Sailfish juga sudah mendukung aplikasi-aplikasi yang diperuntukkan perangkat-perangkat Android.

Perlu dicermati pula bahwa spesifikasi yang akan dikembangkan pada Jolla Tablet ternyata hampir menyamai Nokia N1, perusahaan asal Finlandia lainnya. Meski demikian, Jolla menjanjikan bahwa Jolla Tablet akan unggul karena memiliki kenyamanan dalam multitasking, fitur privasi yang tangguh dan dukungan para pendananya. (rtx)