Tunggu, sedang memuat. . .

Huawei Y6, Smartphone Entry-Level 4G LTE

Baru baru ini tersiar kabar jika pabrikan dari Tiongkok Huawei tengah menyiapkan produk smartphone anyar Huawei Y6 yang bakal membidik pasar segmen entry level. Smartphone anyar dari Huawei ini memang dihadirkan khusus bagi mereka kalangan bawah supaya bisa menikmati jaringan paling cepat masa kini yakni 4G LTE (Long Term Evolution). Foto penampakan dari smartphone anyar ini juga telah muncul dalam sebuah situs yakni WinFuture.

Dilihat dari segi disain atau tampilannya, sekilas smartphone ini tidak jauh berbeda dengan ponsel entry level pada umumnya. Karena smartphone ini memiliki keempat sudut yang rounded atau melengkung dan lumayan elegan. Selain itu, untuk mempermudah para penggunanya bernavigasi, diberikan tiga buah tombol kapasitif dibagian bawah layarnya. Supaya tidak penasaran dengan spesifikasi atau fitur yang ditawarkannya, simak saja pembahasan berikut ini.

Huawei Y6

Huawei Y6

Beralih ke sektor layarnya, Huawei Y6 ini membawa layar yang memiliki bentang diagonal sebesar 5 inchi. Layar tersebut disokong resolusi 1280 x 720 pixel setara HD 720p yang memiliki pixel density pada setiap incinya mencapai 294 pixel. Untuk teknologi yang diusung oleh layar tersebut adalah In Plane Switching sehingga cukup jernih dan tajam dari segala sudut pandang. Di dalam smartphone ini juga sudah berjalan Android Lollipop 5.1 sebagai sistem operaisnya yang dibalut Emotion UI interface.

Kinerja yang dimiliki ini memang setara dengan ponsel sekelas lainnya dimana diberi tenaga dari sebuah chipset Qualcomm Snapdragon 210. Untuk prosesor yang diusungnya adalah ARM Cortex A7 quad core yang memiliki clock speed maksimum hingga 1,1 GHz. Kinerja ponsel ini juga akan dibantu memori RAM yang ukurannya sebesar 2GB dan dipadukan bersama pengolah grafis yakni Adreno 304.

Fitur kameranya memang lumayan memadai dimana telah terpasang kamera utama yang memiliki resolusi 8 megapixel. Kamera ini disokong fitur LED flash sebagai penerangan serta autofocus. Huawei juga memasangkan kamera di bagian depan yang memiliki resolusi 2 megapixel guna memanjakan para penggila foto selfie. Sedangkan sebagai sumber dayanya sendiri, berasal dari sebuah baterai yang memiliki ukuran 2200 mAh.

Untuk urusan media penyimpanan data, Huawei Y6 sudah menanamkan memori internal yang memiliki ukuran standar sebesar 8GB. Apabila masih dirasa kurang memadai, dapat ditingkatkan lagi memakai slot microSD hingga kapasitas max 32GB. Konektivitas yang diberikan juga memadai seperti 4G LTE (opsional), Bluetooth, dual SIM, WIFi, GPS, serta 3G HSPA. Kabarnya smartphone yang sedang dipersiapkan ini bakal dibanderol seharga $165 setara Rp 2,2 jutaan.