Tunggu, sedang memuat. . .

Huawei Lepas Kerjasama Dengan Windows Phone, Kenapa?

Huawei Lepas Kerjasama Dengan Windows Phone – Huawei akhirnya resmi mengakhiri kemitraannya dengan Microsoft. Dengan turunnya keputusan ini, Huawei tidak akan membuat lagi smartphone berbasis Windows Phone.

Alasannya sederhana dan jelas, Huawei tidak mendapat untung dari penjualan ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows.

Juru bicara Huawei, Joe Kelly bahkan memberikan komentar yang lebih pedas bahwa tidak akan ada manufaktur yang akan mendapatkan untung dari penjualan sistem operasi Windows Phone.

Komentar ini sepertinya ditujukan kepada para produsen smartphone yang baru saja menjalin kerjasama dengan Microsoft seperti MicroMax, Blu, Lava, Prestigio, Yezz dan lain-lain yang mengambil paket Windows Phone bebas lisensi.

Huawei Lepas Kerjasama Dengan Windows Phone, Kenapa?

Huawei adalah perusahaan manufaktur ponsel cerdas yang cukup besar di Cina dengan bisnis yang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Dihentikannya kerjasama ini jelas sangat memukul Microsoft yang tengah bersemangat memperluas ekspansi Windows Phone.

Obral akhir tahun yang digadang-gadang menjadi lumbung pemasukan besar dengan potongan harga cukup signifikan pada harga jual ponsel berbasis Windows ternyata tidak memberikan hasil yang memuaskan bagi partner Microsoft seperti Huawei.

Microsoft sendiri tengah bersiap merilis Windows X atau Windows 10 yang akan dapat digunakan lintas device, pada PC desktop, laptop ataupun handphone. Kemunculan Windows 10 ini jelas menjadi harapan bagi Microsoft supaya dapat menahan laju kencang Ponsel-ponsel berbasiskan Android.

Saat ini selain perusahaan smartphone asal Cina yang dituliskan di atas, Samsung juga masih merilis produk berbasis Windows Phone, meskipun perusahaan asal Korea ini tidak meluncurkan kampanye melalui iklan secara besar-besaran.

Perusahaan branded lain yang juga memberikan kesempatan pada Microsoft dan Windows Phone adalah HTC yang kini tengah berjuang supaya tetap dapat bertahan di bisnis ini dan fokus menangani Android.