Tunggu, sedang memuat. . .

Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Lamaran kerja adalah salah satu hal yang sangat penting untuk mengawali sebuah langkah baru dalam hal pekerjaan. Lamaran kerja yang baik akan memberikan efek yang baik pula pada hasil akhirnya. Selain mencantumkan biodata yang informatif, lamaran kerja hendaknya disusun dengan rapi dan mudah dipahami, serta menggunakan bahasa baku yang formal. Penulisan huruf kapital yang tepat juga akan memberikan nilai tersendiri bagi orang yang menilai surat lamaran kerja anda. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

peluang-kerja

– Alamat dan tujuan yang spesifik
Seorang pencari kerja biasanya akan menulis lamaran pekerjaan sekaligus untuk beberapa perusahaan yang sedang membuka lowongan. Untuk itu pastikan bahwa anda menuliskan nama perusahaan dengan lebih spesifik, jangan menggunakan alamat global namun harus disebutkan nama perusahaan tersebut. Termasuk jika anda sudah mengetahui nama staf yang menangani masalah penerimaan karyawan maka akan lebih baik jika anda menggunakan nama tersebut sebagai tujuan dari pengiriman surat anda.

– Singkat Dan Penuh Informasi
Mengingat bahwa surat lamaran kerja adalah jenis surat formal maka sebaiknya hindari rangkaian kata yang terlalu panjang dan tidak lugas. Untuk itu usahakan untuk tidak menulis surat lamaran kerja melebihi satu halaman. Manfaatkan kata-kata yang formal namun umum digunakan sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa anda sedang mencari perhatian karena penggunaan istilah asing yang tidak semua orang memahaminya.

– Tersusun rapi dan bersih
Kesan yang rapi pada tulisan dari surat lamaran pekerjaan anda akan memberikan nilai plus pada pribadi anda sendiri, sedangkan tingkat kebersihan tulisan dari coretan atau bahkan tipe-x sangatlah dianjurkan. Jangan sampai mengirimkan surat yang mengandung tipe-x meskipun hanya satu titik saja.

– Susunan isi yang sistematis
Dalam menulis surat lamaran pekerjaan yang setidaknya membutuhkan satu lembar kertas maka diperlukan urutan yang tepat. Pada bagian pertama sudah pasti merupakan sebuah pembukaan, dalam paragraf pembukaan ini anda bisa mengisinya dengan sumber informasi lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan tersebut, apakah melalui iklan atau dari salah satu staf yang ada.

Selanjutnya adalah informasikan latar pendidikan anda selama ini. Akan lebih meningkatkan kepercayaan diri bagi seorang pelamar kerja jika ia pernah mendapatkan prestasi yang baik ditempatnya mencari ilmu dahulu, apalagi jika sekolah tersebut termasuk lembaga pendidikan ternama dan terpercaya.

– Meneliti kembali
Langkah terakhir adalah meneliti setiap kata jika terjadi kesalahan pengetikan atau untaian kata yang terasa kurang pas, hal ini sangat penting untuk meningkatkan kesempurnaan surat lamaran pekerjaan yang akan anda kirimkan.

Selamat mencoba dan semoga sukses dengan karier anda.