Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Merawat Tinta Printer Infus Agar Awet Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Tinta Printer Infus modifikasi   Printer merupakan salah satu kebutuhan yang mendukung kegiatan administrasi sebuah perkantoran, selain itu printer kini juga semakin bermanfaat untuk anak sekolah ataupun mahasiswa. Namun saat ini harga printer jauh lebih terjangkau, bahkan sudah ada yang dibandrol dengan harga Rp 600 ribuan saja dari merk yang cukup terkenal.

Salah satu jenis printer yang sering digunakan adalah yang menggunakan tinta infus. Adapun printer infus ini memang memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah sifat ekonomisnya. Sebab tinta infus memiliki kapasitas yang cukup banyak yakni 100 ml, selain itu proses pengisiannya juga lebih mudah karena terletak di bagian luar. Hanya saja, disamping kelebihan tentu juga ada kekurangan, dimana untuk printer infus ini akan mengalami kerusakan jika sering didiamkan saja alias tidak digunakan.

printer-infus

printer-infus

Jika sudah demikian maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses perbaikan, minimal untuk waktu antri pada saat dibawa ke tukang servis. Oleh sebab itu, bagi anda pemilik printer yang menggunakan infus, ada baiknya untuk memperhatikan tips perawatannya berikut ini.

– Memposisikan tabung infus dan head print secara sejajar

Manfaatnya adalah untuk memudahkan kerja printer saat proses pencetakan. Apabila diletakkan dengan posisi yang tidak sama, baik itu lebih rendah ataupun lebih tinggi satu dan lainnya maka akan mengakibatkan kerusakan pada printer. Prakteknya, jika tabung infus berada lebih rendah dari head print maka proses pengambilan tinta akan menjadi lebih sulit, demikian juga ketika tabung infus diletakkan pada posisi lebih tinggi akan berakibat tumpah pada cat ridge dan bisa menimbulkan kerusakan.

– Cleaning

Langkah ini diperlukan untuk membuat kualitas cetak menjadi lebih optimal, sebelum melakukan proses ini, pastikan terlebih dahulu bahwa tinta warna dapat keluar dengan lancar, anda bisa melakukan deep cleaning ini hingga 1 atau 2 kali.

– Isi ulang tinta secara rutin

Akan lebih baik jika anda memperhatikan sisa tinta yang tersimpan dalam tabung infus, dan sebaiknya segera isi kembali ketika tinta tersebut tinggal ¼ tabung.

– Penggunaan printer secara teratur

Kadang-kadang kita memang sama sekali tidak membutuhkan printer karena memang tidak sedang ingin mencetak apapun, namun demikian jangan sampai berlalu hingga 3 hari tidak digunakan sama sekali, setidaknya fungsikan printer minim 1 kali dalam jangka waktu 3 hari, atau lebih baik jika anda menggunakannya setiap hari meskipun hanya sebentar.

– Mengunci infus setelah digunakan

Langkah ini dapat mencegah mengalirnya tinta pada bagian cat ridge.

Demikian adalah tips merawat printer infus yang bisa anda praktekkan, semoga bermanfaat.