Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mengembalikan File Terhapus Di Harddisk Dan Flashdisk

gadgetholic.net – Cara Mengembalikan File Terhapus Di Harddisk Setiap pengguna laptop maupun smartphone tentu sering menggunakan hard disk serta flash disk untuk menyimpan beragam data penting, baik itu berupa gambar ataupun video yang sifatnya dokumentasi pribadi maupun data-data lainnya. hal yang biasanya terjadi adalah, data yang tersimpan pada hard disk maupun flash disk tiba-tiba saja hilang entah kemana dan bisa jadi terhapus tanpa sengaja.

Namun kini anda bisa menempuh cara yang aman dan juga gratis untuk bisa mengembalikan data-data yang sempat hilang dari hard disk atau flash disk anda, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi tertentu.

cara-mengembalikan-file-terhapus

cara-mengembalikan-file-terhapus

Hingga saat ini, aplikasi œ Recuva œ masih menjadi aplikasi andalan untuk memanggil file-file yang sempat hilang, adapun fungsinya cukup lengkap karena apapun file yang anda miliki bisa kembali seperti semula baik itu file video, foto, musik maupun document. Kemungkinan keberhasilannya cukup tinggi yakni 70%, dan aplikasi ini aman digunakan untuk pengguna laptop dengan OS Windows.

Adapun langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi tersebut akan diuraikan pada tutorial berikut ini.

– Pastikan anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Recuva pada perangkat komputer anda.
– Setelah aplikasi Recuva dijalankan, anda akan dihadapkan dengan sebuah pertanyaan yang mengharuskan untuk memilih, kurang lebih pertanyaan tersebut akan berbunyi demikian œDo not show this Wizard on startup jawaban anda boleh tidak atau iya, namun disarankan untuk menyetujuinya dengan cara mencontreng pada kotak yang telah disediakan, selanjutnya klik œ Next œ.
– Akan muncul kotak dialog lagi yang membuat anda harus memilih dengan spesifik jenis data apa yang ingin dikembalikan oleh Recuva apakah Dokumen, Foto, Vidoe atau file lainnya. jika anda kurang begitu ingat mengenai file apa saja yang telah terhapus maka anda bisa memilih menu All File, dengan catatan scanning yang diperlukan oleh Recuva akan membutuhkan waktu yang lama.
– Recuva masih membutuhkan bantuan anda untuk memberikan petunjuk secara spesifik mengenai lokasi dari file yang terhapus, jika anda juga sudah lupa dengan lokasi file tersebut maka anda bisa memilih jawaban œ I™m note Sure œ namun jika anda masih mengingatnya apalagi jika jenis file tersebut tersimpan pada flash disk tentu saja akan lebih mudah untuk memberikan bantuan pada Recuva.
– Jika anda sudah lengkap memberikan bantuan pada Recuva baik mengenai jenis file maupun lokasinya, maka Recuva akan mencari dengan cermat, jika anda membutuhkan kinerja Recuva dengan lebih teliti maka pilihlah fitur œ Enable Deep Scan œ.
– Jika proses scanning selesai, Recuva akan menampilkan jenis file yang sudah terhapus, anda bisa memilih semuanya ataupun salah satu yang paling anda perlukan, selanjutnya pilih Recover. Lalu simpan file tersebut di folder yang baru.

Selamat mencoba, dan semoga file penting anda bisa kembali seperti semula.