Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Memperbaiki Memory SD Card Flashdisk Rusak Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Memory SD Card Flashdisk Rusak Perangkat elektronik masa kini sudah tentu akan membutuhkan perangkat pendukung tambahan yang berkaitan dengan media penyimpanan. Umumnya pengguna gadget akan menggunakan Memori SD Card untuk menyimpan file-file penting pada smartphone, selain itu juga memanfaatkan flash disk untuk bisa dibaca dengan mudah saat ditancapkan pada slot USB laptop maupun PC.

Adapun kendala yang sering terjadi adalah kartu memori maupun flash disk tiba-tiba saja tidak terbaca sehingga hal ini akan membuat anda kesulitan untuk mengakses file yang tersimpan di dalamnya. Sebelum anda memutuskan untuk membeli Kartu SD ataupun flash disk yang baru, ada baiknya jika anda mencoba trik berikut ini.

sd-card-flashdisk

sd-card-flashdisk

a) Langkah-langkah memperbaiki MicroSD

– Cara manual dengan memperhatikan hardware, MicroSD bisa saja mengalami kerusakan atau error karena memang permukaan dari tembaga yang berwarna kuning tersebut terlalu kotor, sehingga cara mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan tembaga tersebut dengan penghapus pensil.

– Cara kedua adalah dengan memperbaiki MicroSD menggunakan bantuan laptop ataupun PC. Yang perlu anda lakukan adalah menyambungkan MicroSD dengan laptop, caranya bisa langsung menyalurkan smartphone anda menggunakan USB sehingga MicroSD bisa terdeteksi pada laptop, atau bisa juga dengan mengambil MicroSD dan memasangnya pada laptop anda secara langsung menggunakan bantuan adaptor. Yang terpenting adalah, MicroSD yang error tersebut bisa terdeteksi pada laptop ataupun PC. Jika sudah terdeteksi, klik kanan pada driver MicroSD kemudian klik Properties “ Tools “ Error Checking dan biarkan proses ini berjalan hingga selesai. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan eject pada drive MicroSD sebelum anda memutuskan sambungannya dengan laptop.

b) Cara memperbaiki Flash Disk

– Langkah perbaikan pada flash disk tak ubahnya dengan salah satu cara memperbaiki MicroSD. Yang pertama harus anda lakukan adalah menyambungkan laptop dengan flash disk, jika sudah tersambung dan anda masih bisa mengakses data yang ada pada flash disk, maka anda masih bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan back up data. Selanjutnya setelah isi flash disk benar-benar kosong, lakukan langkah berikut ini. Pilihlah drive flash disk “ klik kanan “ format “ centang pada pilihan FAT16 “ pilih Start dan tunggu hingga proses selesai baru kemudian pilih Close.

Beberapa cara tersebut di atas selama ini sangat ampuh untuk mengembalikan fungsi flash disk maupun MicroSD sebagaimana mestinya, dan semoga saja bisa memberikan solusi yang tepat untuk anda.