Tunggu, sedang memuat. . .

6 Tips Penting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factoory Reset

6┬áTips Penting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factoory Reset – Dalam android memang banyak hal yang bisa kita lakukan dan tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengar kata virus yang mungkin pernah kamu alami.

Para pihak pembuat android sudah menyiapkan sebuah jalan keluar jika android kamu terkena virus yakni dengan mengembalikan android seperti semula yang sering disebut dengan Factory Reset.

Fitur ini memang dibuat untuk mengembalikan android kamu ke kondisi semula seperti waktu kamu pertama kali membelinya.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Android Paling Baik Tanpa Aplikasi

Akan tetapi fitur ini juga memiliki kekurangan yaitu kamu akan kehilangan segala file yang sudah kamu simpan di dalam android kamu seperti foto, lagu, kontak, SMS dan lain sebagainya.

Karena itulah pada kesempatan kali ini, teknohp.com akan memberikan beberapa tips penting yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk factory reset android kamu sehingga kamu tidak akan menyesal di kemudian hari.

6-tips-penting-yang-harus-kamu-lakukan-sebelum-factoory-reset

6-tips-penting-yang-harus-kamu-lakukan-sebelum-factoory-reset

6 Tips Penting Sebelum Factory Reset

1#. Backup Chat Aplikasi

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan factory reset, kamu harus backup chat dari semua aplikasi yang kamu miliki.

Umunya, banyak orang yang sering lupa melakukan hal ini dan akhirnya menyesal setelah tahu semua data yang ia miliki sudah terlanjur hilang.

Berikut ini adalah contoh membackup aplikasi Whatsapp

Pada menu utama tekan ikon titik tiga pada sudut kanan atas dan pilih setting dan pilih chat kemudian pilih lagi chats backup lalu pilih Only when i tap “back up” dan pilih akun tempat untuk menyimpan backup-an tersebut.

Setelah itu pilih koneksi yang akan kamu gunakan untuk backup dan kemudian lakukan backup aplikasi Whatsapp tersebut.

2#. Backup kontak telepon dan SMS

Tips berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah membackup SMS dan juga kontak telepon dengan cara yang kami berikan berikut ini.

Buka aplikasi backup dan pili Personal dan langsung pilih backup.

3#. Backup video, musik, dan foto

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membackup semua file penting yang kamu miliki seperti foto, video, musik dab berbagai file penting lainnya.

Langkah terbaik adalah dengan menyimpan file – file tersebut pada SD Card ataupun Cloud storage dan Mediafire serta Dropbox.

4#. Backup aplikasi

Agar kamu tidak menghabiskan kuota yang kamu miliki untuk endownload kembali beberapa aplikasi dari Play Store, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah membackup aplikasi tersebut dengan App Backup.

Aplikasi ini tidak membutuhkan root jagi kamu bisa memakainya sesukamu, akan tetapi jika kamu ingin backup aplikasi dengan data – datanya, maka kamu tetap memerlukan akses root sehingga bisa memakai aplikasi Titanium Backup.

5#. Backup file penting kamu

Backup file penting juga sangat harus kamu lakukan tidak hanya pada android namun juga pada SD Card, laptop, notebook, cloud ataupun flashdisk, sebab semua file kamu yang tersimpan didalamnya bisa saja hilang sewaktu – waktu.

6#. Lepaskan SD Card

Langkah yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah melepaskan SD Card kamu sebelum melakukan Factory Reset.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu terhindar dari ketidaksengajaan kamu saat melakukan Factory Reset yang akan memunculkan banyak opsi dan kamu memilih untuk menghapus seluruh data yang ada di android kamu.

Meskipun kamu sudah backup data di SD Card, namun usaha itu akan sia – sia jika data dalam SD Card kamu juga ikut terhapus.

Untuk pencegahannya, lepaskan SD Card kamu sebelum melakukan Factory Reset, namun jika kamu melakukannya pada Flash Custom ROM dari Custom Recovery, maka file OS haruslah ada dalam SD Card tersebut dan SD Card tetap harus terpasang pada android kamu.

Itulah tadi 6 tips penting yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan factory reset agar seluruh data – data berharga kamu tidak hilang, selamat mencoba sobat.