Tunggu, sedang memuat. . .

5 Cara Tepat Perbaiki Charger Rusak dan Bermasalah

5 Cara Tepat Perbaiki Charger Rusak dan Bermasalah – Mengalami masalah kecil seperti gangguan saat mengisi daya baterai akan tetap bisa menyebabkan masalah besar pada smartphone seperti contohnya tidak bisa charge, proses pengisian daya terlalu lama atau presentase baterai yang tidak stabil atau naik dan turun.

Saat menghadapi masalah ini maka banyak pengguna smartphone langsung berpikir jika charger smartphone tersebut sudah mulai rusak.

Namun, tidak selalu seperti itu karena pada kenyataannya masalah pada charger masih bisa diperbaiki sendiri dengan cara yang mudah tanpa perlu membawanya ke service center atau membeli charger yang baru.

Untuk mengatasi berbagai masalah charger tersebut, maka kamu bisa mencoba beberapa cara yang akan teknohp.com berikan di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mudah Mempercepat Koneksi 3G Layaknya Jaringan 4G LTE
5 Cara Tepat Perbaiki Charger Rusak dan Bermasalah

5 Cara Tepat Perbaiki Charger Rusak dan Bermasalah

Cara Tepat Perbaiki Charger Rusak

Kembalikan posisi garis pada Port USB

Jika kamu lebih perhatikan lagi, pada bagian tengah port USB ada sebuah garis atau strip kecil di bagian tengahnya dan strip tersebut terkadang mengendur sehingga kabel data yang masuk ke dalamnya menjadi tidak stabil.

Inilah alasan mengapa smartphone tidak bisa di isi daya baterainya dengan baik sehingga kamu harus mengembalikan posisi strip tersebut ke tempat yang tepat.

Cara untuk melakukannya juga terbilang mudah yakni dengan cara mengungkit ke arah atas dengan memakai tusuk gigi.

Bersihkan debu pada Port USB

Debu dan juga kotoran yang menyumbat di dalam port USB juga menjadi penyebab dari terhambatnya aliran daya listrik.

Maka untuk menghilangkan debu tersebut bisa kamu tiup seperti biasa dengan kencang atau memakai sedotan dan jika masih belum berhasil maka kamu bisa memakai kompresor udara kalengan.

Hembusan angin yang lebih kuat dari kompresor tersebut pastinya lebih akurat untuk menghilangkan debu yang menyumbat port USB tersebut.

Ganti kabel data

Kabel data merupakan salah satu bagian dari charger yang gampang sekali rusak khususnya untuk kamu yang sering menggulung, menekuk atau menarik kabel data tersebut atau juga bisa membiarkan kabel tersebut tetap terpasang pada stop kontak meski sedang tidak digunakan.

Kamu bisa coba untuk mengganti kabel data dan mencobanya kembali, namun ingat jangan membeli kabel data secara sembarangan, pilih arus kabel data yang sesuai dengan charger kamu.

Informasi arus bisa kamu lihat pada label adaptor charger yang kamu miliki tersebut dan juga pilih kabel yang tebal sehingga tidak mudah rusak.

Pakai charger dengan benar

Meskipun kepala charger berbentuk sama namun tidak semua charger bisa digunakan untuk mengisi daya baterai seperti charger bawaan asli smartphone kamu.

Perbedaan arus inilah yang menyebabkan charger berjalan dengan lambat atau baterai jadi gampang bocor.

Jika kamu menggunakan charger universal atau charger dari smartphone lainnya maka pastikan jika charger itu punya arus dan juga tegangan yang sama dengan charger asli smartphone yang kamu miliki.

Charging pada power bank, laptop atau berbagai sumber daya lainnya juga tidak akan memiliki hasil yang maksimal seperti charger asli bawaan smartphone tersebut.

Periksa baterai

Baterai smartphone memang tidak mungkin bisa bertahan dan bekerja dengan baik selamanya dan umumnya setelah 2 tahun makan baterai mulai terlihat tidak berjalan seoptimal biasanya.

Kamu bisa melihat gejala ini dengan cukup jelas dengan cara mematikan smartphone kamu dan copot baterainya lalu perhatikan apa baterai mulai menggembung atau ada cairan yang keluar dari baterai tersebut.

Jika ada gejala yang timbul antara baterai gembung atau keluar cairan, maka itu artinya kamu harus membeli baterai yang baru dan beli baterai yang original agar terjamin kualitasnya.