Tunggu, sedang memuat. . .

5 Cara Atasi Memori Android Penuh Tanpa Aplikasi

5 Cara Atasi Memori Android Penuh Tanpa Aplikasi – Dengan hadirnya smartphone di kehidupan kita, maka memnbantu kita untuk dapat melakukan banyak hal dalam smartphone tersebut.

Namun semakin lengkap smartphone tersebut, maka membuat memori internal smartphone android kamu jadi cepat penuh yang dikarenakan terlalu banyak install aplikasi, game dan juga file.

Baca Juga: 10 Aplikasi Deteksi Hantu Untuk Android Terbaru

Untuk mengatasi memori internal yang penuh tersebut, bisa dilakukan tanpa perlu menginstall apapun dan berikut ini teknihp.com akan memberikan 5 cara cepat dan mudah untuk mengatasi memori penuh pada smartphone android kamu tanpa perlu aplikasi.

5-cara-atasi-memori-android-penuh-tanpa-aplikasi

5-cara-atasi-memori-android-penuh-tanpa-aplikasi

1#. Hapus Cache Map di Google Map

Menghapus cache map merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori yang cepat penuh pada android kamu.

Pada umumnya, smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur GPS dan juga aplikasi bawaan dari Google Map.

Waktu kamu memakai Google Map dan menggunakan offline map, maka itulah yang jadi salah satu biang keladi memori internal smartphone kamu jadi cepat penuh.

Di aplikasi Google Map, pilih menu yang ada di liri atas, lalu pilih offline areas dan anda akan mendapatkan pilihan hapus pada offline area yang sudah tersimpan.

2#. Menghapus Sinkronisasi Playlist yang lama tidak diputar

Pada beberapa aplikasi android pemutar musik offline seperti contohnya Spotify yang menyuguhkan banyak pilihan playlist dari lagu – lagu terbaiknya.

Lagu – lagu yang terdapat dalam aplikasi tersebut bisa anda doenload dengan mudah dan ini juga merupakan salah satu penyebab dari cepat penuhnya memori internal android kamu.

Untuk mengatasinya, buka aplikasi Spotify lalu pilih Library dari menu utama tersebut atau bisa juga dari Tab navigasi.

Setelah itu, kamu akan melihat daftar dari sinkronisasi playlist dengan warna hijau yang berarti itu sudah kamu download.

Pilih salah satu dari daftar sinkronisasi tersebut dan hapus checklist pada offline untuk menghapus filue itu dari smartphone android kamu.

Sedangkan untuk Google Play Music, anda bisa memeriksa Manage Doenload dari menu settingnya, lalu kamu akan melihat daftar dari lagu yang sudah ada di smartphone kamu.

Berikan tanda checklist pada setiap lagu yang ingin kamu hapus dari playlist.

3#. Menghapus Foto dan Video Duplikat

Semakin hebat dan canggih sebuah fitur bawaan smartphone android seperti kamera, maka kamu akan semakin semangat mengambil foto dan juga video.

Namun tanpa kamu sadari, foto dan juga video yang sebenarnya kurang penting akan membuat memori internal kamu jadi cepat penuh.

Saat kamu sedang menyaring foto dan video yang tidak kamu perlu, kamu juga bisa memindahkannya terlebih dahulu foto dan video tersebut dari smartphobe kamu ke media penyimpanan yang lain seperti flash drive.

Kamu juga bisa menggunakan smartphone kamu untuk support OTG supaya file bisa langsung dipindahkan dengan mudah.

4#. Hapus file tidak perlu dari Download browser

Jika anda termasuk sering mendownloas file dari website ke smartphone kamu, maka coba periksa kembali file yang sudah kamu download tersebut.

Mungkin saja ada file dengan ukuran yang besar dan sebenarnya sudah tidak kamu perlukan dan ini juga akan membuat memori internal smartphone kamu jadi cepat penuh.

Dalam browser chrome, setiap file yang kamu download maka akan otomatis masuk dalam folder download dan cara mengatasinya adalah dengan masuk ke folder download dan pilih yang sudah tidak kamu perlukan dan langsung hapus.

5#. Hapus game dan aplikasi yang tidak kamu perlu

Semakin banyak aplikasi gratis, maka semakin banyak juga aplikasi dan juga game yang kamu install dalam smartphone kamu.

Namun beberapa aplikasi dan juga game android memiliki data yang cukup besar, terutama game yang rata – rata berukuran 500 MB.

Jika sudah tidak kamu perlukan lagi, maka sebaiknya hapus aplikasi dan juga game dari android kamu.

Itulah 5 cara atasi memori internal android yang penuh tanpa harus mendownload aplikasi, semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua.